Baca selengkapnya

0 Feedback


Pengertian Asam urat atau dalam bahasa medis diketahui dengan sebutan gout yaitu suatu keadaan medis dimana terjadi gangguan metabolisme asam urat di dalam tubuh. Kesudahannya terjadi peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Kristal asam urat yang berlebihan akan menumpuk di jaringan tubuh dan menyebabkan inflamasi (peradangan) pada persendian (artritis).


Gout yang kronis (rentang panjang) bisa menyebabkan penumpukan asam urat bagus di dalam ataupun di sekitar persendian. Pada akibatnya hal ini bisa menurunkan fungsi ginjal sampai menyusun batu ginjal.


Diagnosis


Pelaksanaan diagnosis asam urat (gout) dialkukan melalui pengumpulan isu mengenai keluhan yang dinikmati oleh penderitanya. Berikutnya dapat dikerjakan pemeriksaan dengan mengamati cairan yang ada disekitar sendi (synovial fluid). Tujuan pemeriksaan ini merupakan untuk menemukan adanya kristal-krital asam urat.


 


Pemeriksaan lain yang dapat dikerjakan ialah pemeriksaan darah dan pemeriksaan air seni. Melewati pemeriksaan ini bisa dipastikan seandainya terjadi peningkatan asam urat dan kristal-kristal asam urat.


Kriteria untuk mencurigai adanya asam urat merupakan munculnya nyeri yang berlangsung pesat dan peradangan sendi. Peradangan ini bisa bermigrasi dari satu sendi ke sendi yang lain, lebih-lebih di sendi jempol kaki. Keluhan nyeri lazimnya akan sirna sesudah serangan.


Asam Urat


Gejala


Gejala permulaan asam urat (gout) yang umunya dinikmati oleh penderitanya, panas, kemerahan dan pembengkakan pada sendi yang terjadi secara tiba-tiba. Persendian yang sering kali mengalami serangan yakni persendian kecil seperti ibu jari kaki. Sebagian sendi lain yang bisa terkena yaitu pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku.


Pada serangan akut penderita gout bisa muncul demam dan nyeri hebat pada sendi yang lazimnya bertahan berjam-jam hingga seharian. Seiring berjalannya waktu, serangan gout akan muncul lebih kerap dan lebih lama.


Kristal-kristal asam urat bisa menyusun tophi (benjolan keras melainkan tak nyeri disekitar sendi) di luar persendian. Tophi kerap kali ditemukan di sekitar jari tangan serta di ujung siku dan sekitar ibu jari kaki. Kecuali itu bisa ditemukan juga pada daun alat pendengar, tendon achiles (tempat belakang pergelangan kaki), dan pita bunyi (sungguh-sungguh jarang terjadi).



Pengobatan


Asam urat/ gout tak bisa disembuhkan. Meskipun demikian, situasi ini bisa dipegang melewati pengobatan. Keluhan yang dinikmati penderita asam urat lazimnya akan sirna dalam waktu 24 jam sesudah pengobatan diawali.


Asam urat secara lazim diobati dengan obat antiinflamasi klasifikasi NSAIDs –seperti ibuprofen atau naproxen. Obat-obatan ini secara biasa dikasih untuk mengobati serangan berat dan mendadak untuk menurunkan peradangan dan nyeri.


Untuk penderita asam urat/ gout yang tak bisa mengaplikasikan NSAIDs akan diberi kortikosteroid, steroid yang berprofesi menurunkan peradangan. Steroid bisa disuntik (injeksi) segera pada sendi yang terkena atau diminum dalam wujud pil. Obat ini tak diterapkan pada waktu serangan akut melainkan dipakai untuk membatasi kadar dari asam urat.


Pencegahan


Metode yang dapat Anda lakukan untuk mencegah asam urat/ gout ialah dengan mengerjakan perobahan gaya hdup menjadi lebih sehat. Anda dapat meningkatkan konsumsi makanan dengan gizi sepadan dan berserat tinggi. Ingat untuk konsumsi air putih yang cukup serta rajinlah berolahraga.



 


Penyebab


Asam urat/ gout ialah zat sisa yang disusun oleh tubuh pada ketika tubuh memetabolisme substansi yang dinamakan purin. Purin dapat ditemukan di sebagian ragam makanan dan minuman –seperti di alkohol, hati, daging, dan seafood.


Penyakit gout muncul dikala asam urat di tubuh menumpuk dan susah untuk dikeluarkan oleh tubuh. Dikala tubuh Anda memproduksi terlalu banyak asam urat, karenanya yang berikutnya akan terjadi merupakan penumpukan yang menyusun kristal- kristal asam urat. Penumpukan dapat terjadi di sekitar sendi dan ginjal.


Sebagian unsur resiko timbulnya gout merupakan:


Obesitas, tekanan darah tinggi, dan diabetes


Mempunyai riwayat penderita asam urat (gout) dalam keluarga


Gangguan ginjal


Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan asam urat seperti daging merah dan seafood


Mengkonsumsi terlalu banyak alkohol


 


Info dan Pemesanan


WA 0856 0117 9471